Selamat datang di blog Info Liturgi

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk membantu menyajikan informasi seputar liturgi gereja Katholik serta informasi penting lainnya yang relevan dengan kebutuhan umat saat ini.

Materi yang kami sajikan berasal dari beberapa sumber baik dari internet, buku maupun sumber lainnya yang terpecaya mengingat karena keterbatasan pengetahuan kami.

Harapan kami semoga konten yang disajikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tuhan memberkati....

Rabu, 14 Maret 2012

SALIB KATHOLIK

Salib Katolik

Salib Katholik“Mengapa kamu banyak sekali menggantung Salib? Hampir setiap kamar ada Salib. Seakan kamu menyalibkan Yesus dimana-mana.” Kata Andi kepada Beti ketika Andi berkunjung ke rumah Beti sahabat karibnya. Kebetulan Beti adalah seorang Katolik.
“Anehnya adalah mengapa Salib orang Katolik masih menggantungkan tubuh Yesus di Salib? Bukankah DIA sudah bangkit dan naik ke Surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa?” Andi melontarkan pertanyaan retoris kepada Beti. Sebenarnya Andi tahu bahwa Beti pun percaya hal yang sama.
“Orang Kristen percaya bahwa Yesus Kristus telah bangkit dan naik ke Surga. Itulah mengapa Salib orang Kristen tidak menggantungkan tubuh Yesus Kristus. Lagi pula kami tidak menggantung Salib di setiap kamar.” Lanjut Andi lagi seolah tidak memberi waktu kepada Beti untuk menjawab.
“Lihatlah, Salib-salib itu banyak sekali bentuknya. Ada yang terbuat dari kayu, ada yang dari besi, bahkan ada yang dari aluminium. Bukankah Salib Yesus itu terbuat dari kayu?” Celoteh Andi lagi sambil memegang Salib aluminium besar yang berdiri kokoh di sebuah meja sudut di ruang tamu. Kali ini Beti hanya tersenyum simpul menanggapi sahabatnya yang seorang Kristen itu.
Seminggu kemudian Beti berkunjung ke rumah Andi.
“Hai, ini foto pacar kamu?” tanya Beti ketika memandang sebuah foto seorang wanita cantik berukuran besar yang diberi bingkai kayu ukiran yang mewah.
“Hus… Ini ibuku!” bisik Andi sambil meletakkan telunjuknya di depan bibirnya seolah menyuruh Beti untuk tidak berbicara keras-keras. Maklum Beti tadi bertanya dengan nada cukup tinggi.
“Ibu kamu cantik ya?” kata Beti lagi dengan suara lebih pelan.
“Hmm… Ya jelas dong. Ibu siapa dulu? Itu foto ibu ketika masih muda, mungkin waktu itu umurnya 25 tahun.” Kata Andi dengan bangga sambil membetulkan kerah bajunya yang sebenarnya tidak perlu dibetulkan baik lipatan maupun bentuknya.
“Sekarang umurnya berapa? Sekarang ibu kamu ada dimana?” Berondong Beti.
“Sekarang umurnya sudah 60 tahun. Kebetulan saat ini ibu sedang pergi belanja bersama ayah.” Jawab Andi dengan sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan sahabatnya itu.
“Lho, kok masih dipajang? Bukankah sekarang ibu sudah berumur 60 tahun? Bukankah sekarang ibu sedang pergi belanja? Kok kamu masih memajang fotonya ketika usianya masih 25 tahun?” Baca selengkapnya....

TENTANG BLOG

Selamat datang di blog Info Liturgi.....

Blog ini memuat informasi seputar liturgi ekaristi gereja Katholik, sejarah Santo dan Santa, kumpulan doa dan beberapa artikel lainnya yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Materi yang kami sajikan berasal dari beberapa sumber baik dari internet, buku maupun sumber lainnya yang terpecaya mengingat karena keterbatasan pengetahuan admin yang hanya seorang umat awam biasa. 



Harapan kami semoga blog yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon kritik serta saran yang mendukung dari pembaca sekalian. 

Tuhan memberkati  kita semua....

LITURGI GEREJA KATHOLIK

Liturgi Dalam Gereja Katolik

Liturgi adalah kegiatan dari Kristus Paripurna, dalam bahasa Latin Christus totus, atau Kristus seluruhnya, yaitu Kristus di surga sebagai kepala dan seluruh jemaatNya yang masih ada di dunia, yaitu Gereja yang merupakan Tubuh Kristus, dalam korban pujian dan syukur kepada Allah.

Liturgi Sakramen-sakramen

Pertama-tama adalah Liturgi Sakramen-sakramen: baptis, krisma, ekaristi, pengakuan dosa, urapan orang sakit, tahbisan suci dan perkawinan; puncak dan sumber liturgi sakramen adalah Perayaan Ekaristi atau Misa. Konsili Vatikan II menyatakan: "Upacara liturgi bukanlah tindakan perorangan, melainkan perayaan seluruh Gereja sebagai Sakramen kesatuan, yaitu umat kudus yang berhimpun bersama Uskup" (Sacrosanctum Concilium, no 26). Maka "Sebagai perayaan bersama dengan dihadiri banyak umat yang ikut serta secara aktif, harus ditandaskan, bahwa bentuk ini lebih diutamakan daripada ibadat perorangan yang bersifat pribadi" (Sacrosanctum Concilium, no 27).
Liturgi dirayakan dengan menggunakan pelbagai tanda dan lambang, baik yang berasal dari pengalaman manusia, tanda-tanda "Perjanjian" antara Allah dan umatNya, tanda-tanda yang diangkat oleh Kristus, dan tanda-tanda sakramental, yang semuanya merujuk pada keselamatan yang berasal dari Kristus, menggambarkan dan mencicipi di masa sekarang kemuliaan surga. Juga dengan menggunakan perkataan (terutama dalam Liturgi Sabda di mana Kitab Suci dibacakan dan direnungkan) dan Tindakan (terkait dengan masing-masing Sakramen: misalnya pembaptisan, pengurapan minyak, Liturgi Ekaristi, penumpangan tangan). Dengan nyanyian dan musik, dan gambar-gambar kudus, misalnya ikon.

Masa Liturgi

Sepanjang tahun Gereja merayakan karya keselamatan Allah dengan kenangan suci. Seminggu sekali pada hari Minggu, yang disehut Hari Tuhan. Sekali setahun Gereja merayakan kebangkitan Tuhan pada hari Paska, bersama-sama dengan sengsara dan wafatNya yang menyelamatkan. Sekali setahun Gereja merayakan kelahiran Tuhan (Natal). Kenangan-kenangan itu menjadi pedoman hidup setiap hari dengan corak tertentu. Maka ada Masa (Lingkaran) Liturgi yang berhubungan dengan Natal, ada Masa (Lingkaran) Liturgi yang berkaitan dengan Paskah, dan ada Masa Biasa. Seluruhnya diatur dengan lengkap dalam Tahun Liturgi, yang dimulai dengan Masa Adven, Masa Natal, Masa Biasa bagian I, Masa Prapaska, Masa Paska, dan Masa Biasa bagian II ditutup dengan Hari Raya Yesus Kristus Raja Semesta.

Hari Tuhan

Hari Minggu adalah hari di mana umat berkumpul merayakan liturgi, "untuk mendengarkan Sabda Allah dan ikut serta dalam perayaan Ekaristi, mengenangkan sengsara, kebangkitan dan kemuliaan Tuhan Yesus, serta mengucap syukur kepada Allah" (Sacrosanctum Concilium no 106).

Peringatan Orang Kudus

Dalam daur tahunan, Gereja merayakan peringatan para martir dan orang kudus sebagai perayaan Paska Tuhan di dalam mereka "yang telah menderita dan dimuliakan bersama Kristus. Gereja memaparkan teladan mereka kepada umat beriman dalam menarik semua orang kepada Allah Bapa melalui Kristus, dan atas pahala-pahala yang diterima para martir dan orang kudus, Gereja memohon karunia-karunia dari Allah" (Sacrosanctum Concilium no 104).

Ibadat Harian (Horarium)

Ibadat Harian merupakan doa seluruh Gereja. Setiap orang ambil bagian di dalamnya sesuai dengan tempatnya di Gereja dan menurut status hidupnya: para imam, biarawan dan biarawati, dan awam menurut kemungkinan yang ada pada mereka. Ibadat Harian dapat dilakukan bersama atau secara perorangan. Ibadat Harian seakan-akan merupakan kelanjutan dari perayaan Ekaristi.

Ritus

Tata upacara atau ritus dalam perayaan liturgi yang berbeda-beda menunjukkan kekayaan misteri Kristus yang khas ditampilkan dalam tradisi liturgi yang beraneka ragam menurut wilayah geografis dan kebudayaan. Namun pada dasarnya ritus-ritus menunjukkan misteri keselamatann Kristus yang satu dan sama. Dengan demikian misteri Kristus disampaikan kepada semua bangsa dengan budaya dan bahasa mereka masing-masing.
Ritus atau Tradisi Liturgi yang sekarang digunakan adalah Ritus Latin (terutama Ritus Roma, ritus Ambrosius dan ritus ordo tertentu), Ritus Bizantin, Ritus Aleksandria atau Koptis, Ritus Siria, Ritus Armenia, Ritur Maronit dan Ritus Kaldea.

Liturgi dan Aneka Kebudayaan

Agar misteri keselamatan Kristus dapat disampaikan dan meresap pada setiap orang, maka perayaan liturgi harus sesuai dengan jiwa dan kebudayaan masing-masing bangsa (Sacrosanctum Concilium no 37-40). Namun harus diperhatikan kenyataan dalam liturgi bahwa ada bagian-bagian yang tetap, tidak berubah, karena berasal dari Allah, dan harus dilindungi Gereja (Yohanes Paulus II, Surat Apostolik Vicesimus quintus annus, no. 16). (http://id.wikipedia.org/wiki/Liturgi)

APA ITU LITURGI


Liturgi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, leitourgia, yang berarti kerja bersama. Kerja bersama ini mengandung makna peribadatan kepada Allah dan pelaksanaan kasih, dan pada umumnya istilah liturgi lebih banyak digunakan dalam tradisi umat Katolik. Kurang lebih dapat dibandingkan dengan rukun salat secara berjamaah baik pada hari-hari raya maupun hari Jumat dan salat lima-waktu setiap hari pada umat Islam (lihat: Oxford Dictionary of World Religions, hal.582-3). (http://id.wikipedia.org/wiki/Liturgi)

Kamis, 08 Maret 2012

MENGENAI MISA JUMAT PERTAMA


Misa Jumat Pertama merupakan salah satu bentuk Devosi kepada Hati Kudus Yesus. Berikut ini sekilas tentang Devosi kepada Hati Kudus Yesus dan Misa Jumat Pertama.

1. Sejarah Devosi kepada Hati Kudus Yesus

Devosi berfokus kepada Hati Yesus yang maha kudus yang melambangkan kasih Kristus yang menebus dosa manusia. Walaupun tradisi mengatakan bahwa praktek devosi ini telah dimulai sekitar tahun 1000, atau pada jaman St. Anselmus dan St. Bernard (1050-1150) dan juga telah dianjurkan oleh banyak orang kudus di abad pertengahan, seperti St. Albertus Agung, St. Catherine dari Siena, St. Fransiskus dari Sales, dan juga para Benediktin, Dominikan dan Carthusian; namun Santa yang paling sering diasosiasikan dengan devosi Hati Kudus Yesus adalah St. Margaret Mary Alacoque (1647-1690).

St. Margaret memperoleh wahyu pribadi dari Tuhan Yesus yang menghendaki perayaan liturgis Hati Kudus Yesus dan praktek mempersembahkan silih (reparation) terhadap dosa- dosa yang dilakukan terhadap Sakramen MahaKudus, pada setiap hari Jumat pertama dalam setiap bulan. Baca selengkapnya.....

MISTERI EKARISTI

Apa itu "Misteri Ekaristi"?

APA ITU MISTERI EKARISTI?

Yesus hadir di dunia sekarang ini dengan berbagai cara, tetapi Ekaristi adalah saat di mana Yesus hadir secara paling istimewa. Saat Misa, imam mengucapkan doa khusus yang merupakan pengulangan kata-kata Yesus pada Perjamuan Malam Terakhir bersama dengan para murid-Nya, "Inilah Tubuh-Ku. Inilah Darah-Ku."

Dengan kuasa Allah, Yesus hadir dalam Ekaristi saat imam mengucapkan kata-kata tersebut. Meskipun yang kita lihat hanyalah sepotong hosti putih yang kecil, yang bentuknya seperti roti dan rasanya juga seperti roti, namun demikian sejak saat konsekrasi (saat imam mengucapkan doa tersebut) hosti bukan lagi roti, melainkan Tubuh dan Darah Yesus yang hadir dalam Ekaristi. Yah, memang sulit untuk memahaminya - malahan, rasanya tidak mungkin membayangkannya.

Namun, itulah kebenaran yang disampaikan Yesus kepada kita, dan kita percaya pada-Nya. Banyak orang yang mempunyai pengalaman yang menakjubkan mengenai kehadiran Yesus saat mereka menerima Ekaristi dalam Komuni Kudus. Yesus mengasihi kita dan menyerahkan nyawa-Nya bagi kita. Ia ingin senantiasa bersama-sama kita sampai akhir jaman. Baca selengkapnya.....

TATA CARA KOMUNI

Bolehkah Menyambut Komuni Lebih dari Satu Kali dalam Sehari?

Oleh: Romo William P. Saunders *
Berapa kalikah seseorang diperkenankan menyambut Komuni Kudus dalam satu hari?
Saya menghadiri Misa Perkawinan pagi hari dan kemudian pergi ke Misa Sabtu sore. Saya tidak yakin apakah saya diperkenankan menyambut Komuni Kudus untuk kedua kalinya.
~ seorang pembaca di Sterling

Kitab Hukum Kanonik No. 917 menyatakan, “Yang telah sambut Ekaristi mahakudus, dapat menyambut lagi hari itu hanya dalam perayaan Ekaristi yang ia ikuti, dengan tetap berlaku ketentuan kan. 921 §2.” Selanjutnya, Kan. 921 §2 menyatakan, “Meskipun pada hari yang sama telah sambut komuni suci, namun sangat dianjurkan agar mereka yang berada dalam bahaya mati sambut komuni lagi.” Singkat kata, orang diperkenankan menyambut Komuni Kudus dua kali dalam satu hari.

TATA CARA PENGGUNAAN DUPA DALAM MISA

Bilamanakah Imam Mempergunakan Dupa dalam Misa?

oleh: Romo William P. Saunders *

Mengapakah dan bilamanakah imam mempergunakan dupa dalam Misa?
~ seorang pembaca di Crystal City


Dupa adalah suatu bahan aromatik yang adalah getah dari pepohonan tertentu. Apabila dibakar di atas arang, dupa menghasilkan aroma yang harum. Guna menghasilkan asap yang lebih tebal dan guna menambah harumnya, terkadang wangi-wangian lain dicampurkan ke dalam dupa.

Penggunaan dupa (= ukupan) di masa lampau merupakan hal yang biasa, teristimewa dalam ritus-ritus keagamaan di mana dupa dipercayai dapat menghalau roh-roh jahat. Herodotus, sejarahwan Yunani, mencatat bahwa dupa umum dipergunakan di kalangan masyarakat Assyria, Babilonia dan Mesir. Di kalangan Yahudi, dupa termasuk dalam persembahan syukur minyak, biji-bijian, buah-buahan dan anggur (bdk Bil 7:13-17). Tuhan memerintahkan Musa untuk membangun sebuah mezbah emas tempat pembakaran ukupan (bdk Kel 30:1-10), yang ditempatkan di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum.

Kita tidak tahu kapan tepatnya penggunakan dupa dimasukkan ke dalam Misa atau ke dalam ritus-ritus liturgis lainnya. Pada masa Gereja perdana, kaum Yahudi terus mempergunakan dupa dalam ritual Bait Suci mereka, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa dari sanalah umat Kristiani menerapkan penggunaan dupa dalam ritual mereka.

SEJARA SINGKAT EKARISTI

Oleh: P. Thomas Richstatter, O.F.M., S.T.D. *

Pernahkah kalian ikut ambil bagian dalam permainan di mana semua peserta duduk melingkar dan orang pertama membisikkan suatu kalimat ke telinga orang di sebelahnya, dan orang di sebelahnya itu membisikkan kalimat ke orang di sebelahnya lagi, dan terus demikian hingga kalimat itu telah diteruskan ke semua orang dalam kelompok? Kemudian orang terakhir menyerukan kalimat dengan lantang, dan suatu kalimat yang semula adalah, misalnya, “My horse is afraid to go upstairs!” menjadi “My house has learned to say its prayers!
Baca selengkapnya...

CARA MEMILIH LAGU LITURGI

Bagaimana Memilih Lagu Liturgi

Oleh: Sr. Liduine Marie SPM

PENDAHULUAN

Dalam melaksanakan Liturgi, yaitu upacara dimana umat beriman berhimpun bersama untuk melaksanakan ibadat, kita membutuhkan dukungan nyanyian. Dengan nyanyian kita dapat lebih mengungkapkan iman dan penghayatan. Kita membutuhkan nyanyian yang membangkitan gairah dan memperdalam sikap.

Dengan nyanyian kita dapat mendobrak pada saat-saat membosankan dan kita dapat bertepuk tangan pada sat-saat gembira. Semua itu menuntut suara berlagu yang dapat lebih keras atau lebih lembut: lebih tinggi atau lebih rendah, lebih cepat atau lebih lambat dari pada bicara sehari-hari.

SERBA SERBI LITURGI


Oleh: Romo William P. Saunders *

Berikut ini beberapa pertanyaan singkat yang disampaikan kepada Straight Answers. Semua kutipan yang ada dalam jawaban diambil dari Pedoman Umum Misale Romawi, kecuali jika dinyatakan sebaliknya.

Mengapa imam mencium altar?
Altar melambangkan Kristus, yang seperti kita doakan dalam Prefasi Paskah V “menyatakan Diri sebagai imam, altar, dan anak domba yang dikurbankan.” Di samping itu, seturut tradisi, relikui orang kudus ditempatkan di altar, yang menjadikan altar layak mendapat penghormat-an yang demikian. (catatan, “Hendaknya dipertahankan tradisi Gereja untuk memasang relikui orang kudus, yang juga bukan martir, di dalam atau di bawah altar yang akan didedikasikan” no. 322).

Bilamanakah imam mempergunakan pedupaan?
Imam dapat mendupai salib dan altar sesudah melakukan peng-hormatan pada awal Misa (no. 49, no. 123), Kitab Injil sebelum diwarta-kan (no. 134), roti dan anggur yang telah dicampur dengan air setelah doa persembahan dan salib serta altar (no. 75, 144); imam sendiri karena pelayanan kudus yang ia sandang, dan umat karena martabat luhur yang mereka peroleh lewat pembaptisan dapat juga didupai oleh diakon atau pelayan lain (no. 75).

WIRUK (PEDUPAN)

Wiruk atau Pedupaan: Crik Crik (Stop!)

Misdinar pasti tahu yang namanya wiruk atau pedupaan yang dipegang Paus di foto di atas. Nama wiruk itu dari bahasa Belanda wierooksvat. Dalam bahasa Latin namanya turibulum, di bahasa Inggris jadi thurible atau censer. Yang nggak pernah jadi misdinar mungkin nggak tahu peranti itu namanya wiruk, tapi saya yakin semua pernah melihat pedupaan itu dipakai dalam misa. Di tulisan ini saya akan bahas beberaa poin penting dan beberapa kesalahan yang seringkali terjadi berkaitan dengan penggunaan wiruk dalam misa.

Kenapa sih harus pakai wangi-wangian dalam liturgi? Jawabnya, untuk menciptakan suasana atau atmosfir liturgis. Berikut ini penjelasan yang bagus sekali, saya kutip dari buku Rupa dan Citra karangan pakar liturgi C.H. Suryanugraha, OSC, "Suasana atau atmosfir liturgis diciptakan sedemikian rupa agar perayaan liturgi sungguh mengantar jemaat kepada pertemuan yang Ilahi. Penggunaan unsur-unsur 'cahaya, warna, dan aroma' dalam Perayaan Ekaristi tentunya perlu diberi perhatian khusus pula. Unsur-unsur itu tidak layak diabaikan jika kita peduli akan perlunya lebih mengaktifkan indera (setidaknya indera penglihatan/mata, penciuman/hidung, dan pendengaran/telinga) kita untuk terlibat dan dapat menangkap sisi-sisi keindahan dan kesakralan dalam Perayaan Ekaristi." Aturan liturgi dari Vatikan menyebut, "Pendupaan merupakan ungkapan hormat dan doa sebagaimana dijelaskan dalam Alkitab (bdk. Mzm 141:2; Why 8:3)." (PUMR 276 dan Caeremoniale Episcoporum-Tata Upacara Para Uskup CE 84)

PEDOMAN PELAKSANAAN EKARISTI


A. Ritus Pembuka

1. Unsur
• Perarakan masuk: para petugas liturgi masuk diiringi nyanyian pembuka. Tujuan nyanyian adalah untuk membuka misa, membina kesatuan umat, mengantar masuk ke misteri masa liturgi dan mengiringi perarakan.
• Penghormatan altar dan salam oleh imam. Salam di satu sisi mengungkapkan kehadiran Tuhan di tengah-tengah umat dan di sisi lain memperlihatkan tanggapan umat yang berkumpul.
• Ordinarium: Tuhan kasihanilah kami, didaraskan atau dinyanyikan untuk mengungkapkan seruan kepada Tuhan dan memohon belas kasihanNya. kemuliaan: menjadi madah umat untuk memuji Allah Bapa dan Anak Domba Allah serta memohon belas kasihanNya. Kemuliaan dilagukan/diucapkan pada hari raya, perayaan meriah dan hari minggu (kecuali adven dan prapaskah).
• Doa pembuka: Sebelum doa diucapkan ada saat hening untuk menyadari kehadiran Tuhan, dan dalam hati mengungkapkan doanya masing-masing. Lalu imam membuka doa yang mengandung inti perayaan liturgi yang dirayakan dan menutup dengan rumusan trinitaris. Doa pembuka disebut doa collecta dan presidensial. Doa collecta berarti kumpulan dari doa-doa yang diungkapkan oleh umat pada saat hening yang kemudian diteruskan oleh imam. Karena hanya imam yang mendoakan doa pembuka itu, maka doa pembuka juga disebut doa presidensial, yaitu doa resmi dan publik yang dibawakan oleh pemimpin atas nama seluruh umat. Dalam doa ini, umat tidak diikutsertakan untuk mengucapkannya. Umat hanya menjawab “amin” setelah imam mengakhiri doanya dengan doa trinitaris, yaitu doa yang diarahkan kepada Allah Bapa, dengan pengantaraan Putra dalam Roh Kudus.

2. Tujuan:
• Menjadi pembuka, pengantar dan persiapan.
• Mempersatukan umat yang berhimpun dan mempersiapkan mereka supaya mendengarkan sabda Allah dengan penuh perhatian dan merayakan Ekaristi dengan layak .

3. Tata Gerak
• Berdiri: saat arak-arakan sampai salam; kemuliaan sampai doa pembuka.
• Duduk/berlutut: saat pengantar sampai Tuhan kasihanilah kami.

B. Liturgi Sabda

1. Unsur:
• Bacaan I: Dari Kitab suci dan dibacakan oleh seorang lektor dengan suara lantang, dengan ucapan jelas, pembawaan pantas dan penghayatan yang mendalam. Lektor tidak perlu membaca “BACAAN PERTAMA”!
• Masmur tanggapan: dipilih sesuai dengan bacaan yang bersangkutan. dianjurkan untuk dilagukan, terutama bagian refren. Fungsi mazmur untuk menopang permenungan atas sabda Allah
• Bacaan II: Dari Kitab suci dan dibacaan oleh seorang lektor seperti bacaan I. Kalau ada alasan yang berat, bacaan II bisa ditiadakan.
• Bait Pengantar Injil: Bait Pengantar Injil wajib dinyanyikan, bila tidak dinyanyikan, lebih baik dihilangkan. Tujuan Bait Pengantar Injil adalah untuk menyambut dan menyapa Tuhan yang siap bersabda dalam Injil dan sekaligus menyatakan iman umat.
• Bacaan Injil.
• Homili: Yang memberikan adalah imam, pemimpin perayaan (tidak pernah oleh awam). Hari minggu dan pesta, wajib ada homili. Tujuan dari homili adalah untuk memupuk semangat hidup kristen dengan menjelaskan bacaan-bacaan atau teks lain yang berhubungan dengan misteri yang dirayakan.
• Pernyataan Iman: Mendoakan atau melagukan syahadat. Tujuannya agar seluruh umat yang berhimpun dapat menanggapi sabda Allah yang dimaklumkan dan dijelaskan dalam homili.
• Doa Umat: Doa Umat oleh lektor/petugas untuk menyatakan permohonan atas keselamatan dan permohonan untuk mengamalkan tugas imamat yang mereka terima melalui baptis. Umumnya doa itu berisi doa untuk keperluan Gereja, penguasa negara dan keselamatan seluruh dunia, untuk orang yang menderita dan untuk umat setempat atau kepentingannya sesuai dengan misteri yang dirayakan. Imam membuka dan menutup. Tujuan doa umat adalah sebagai tanggapan umat atas sabda Allah yang mereka terima dengan penuh iman.

2. Tujuan:
• Tujuan: Untuk menyingkapkan misteri penebusan dan keselamatan serta memberikan makanan rohani melalui sabda yang diwartakan.
• Lewat liturgi ini, umat merasakan kehadiran Tuhan, meresapkan dalam keheningan dan nyanyian dan mengimani dalam syahadat serta mengungkapkan pengharapannya dalam doa umat.

3. Tata Gerak:
• Duduk: saat mendengarkan bacaan I, II, menanggapi sabda melalui nyanyian masmur dan mendengarkan homili.
• Berdiri: Umat berdiri saat Menyanyikan Bait Pengantar Injil, mendengarkan Injil dan mendoakan syahadat dan doa umat.

C. Liturgi Ekaristi

1. Unsur
• Persiapan Persembahan: kolekte dan bahan persembahan yaitu roti dan anggur dibawa ke altar. Perarakan persembahan diiringi dengan nyanyian persiapan persembahan sampai semua bahan tertata di atas altar. Dilanjutkan pendupaan terhadap roti dan anggur, salib dan altar. Pendupaan melambangkan persembahan dan doa Gereja yang naik kehadirat Tuhan. Imam dan umat juga didupai untuk menegaskan martabat luhur mereka.
• Doa Persiapan Persembahan: Imam mengundang umat untuk berdoa dan diakhiri dengan doa persiapan persembahan yang bersifat presidensial.
• Doa Syukur Agung:
Makna: DSA merupakan pusat dan puncak seluruh perayaan Ekaristi, yang berisi doa syukur dan pengudusan. Dalam doa ini seluruh umat menggabungkan diri dengan kristus dalam memuji karya Allah yang agung dan dalam mempersembahkan korban.
• Ucapan syukur: dalam Prefasi, atas nama seluruh umat, imam memuji Allah bapa dan bersyukur kepadaNya atas seluruh karya penyelamatan atau atas semua alasan tertentu.
• Aklamasi: Umat bersama imam melagukan kudus.
• Epiklesis: Gereja memohon kuasa Roh Kudus dan berdoa supaya bahan persembahan menjadi tubuh dan darah Kristus; juga supaya korban itu menjadi sumber keselamatan yang menyambutnya. Baca selengkapnya.....

BEJANA SUCI EKARISTI

Bejana-Bejana Suci

Oleh: Romo Francis J. Peffley
Bejana-bejana Suci adalah perangkat dan wadah yang dipergunakan dalam perayaan-perayaan liturgis. Dalam Ritus Latin bejana-bejana suci itu ialah piala, patena, sibori, piksis, monstrans - lunulla (jepitan untuk SMK) - custodia (rumah kaca SMK), yang bersentuhan langsung dengan Sakramen Mahakudus. Bejana-bejana lain yang dipergunakan dalam liturgi adalah ampul, lavabo, turibulum, navikula dan aspergil. Segala perangkat liturgis ini wajib diperlakukan dengan hormat.

PIALA, dalam bahasa Latin disebut “calix” yang berarti “cawan”, adalah yang tersuci di antara segala bejana. Piala adalah cawan yang menjadi wadah anggur untuk dikonsekrasikan, dan sesudah konsekrasi menjadi wadah Darah Mahasuci Kristus. Piala harus dibuat dari logam mulia. Piala melambangkan cawan yang dipergunakan Tuhan kita pada Perjamuan Malam Terakhir di mana Ia untuk pertama kalinya mempersembahkan Darah-Nya; piala melambangkan cawan Sengsara Kristus (“Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku,” Mrk 14:36); dan yang terakhir, piala melambangkan Hati Yesus, dari mana mengalirlah Darah-Nya demi penebusan kita.

PURIFIKATORIUM, berasal dari bahasa Latin “purificatorium”, adalah sehelai kain lenan putih berbentuk segi empat untuk membersihkan piala, sibori dan patena. Sesudah dipergunakan, purifikatorium dilipat tiga memanjang dan diletakkan di atas piala.

PATENA, berasal dari bahasa Latin “patena” yang berarti “piring”, adalah piring di mana hosti diletakkan. Patena, yang sekarang berbentuk bundar, datar, dan dirancang untuk roti pemimpin Perayaan Ekaristi, aslinya sungguh sebuah piring. Dengan munculnya roti-roti kecil yang dibuat khusus untuk umat yang biasanya disimpan dalam sibori, fungsi dari patena sebagai piring menghilang; maka bentuknya menjadi lebih kecil dan sejak abad kesebelas sudah dalam ukuran seperti sekarang. Menurut Pedoman Umum Misale Romawi (2000), untuk konsekrasi hosti, sebaiknya digunakan patena yang besar, di mana ditampung hosti, baik untuk imam dan diakon, maupun untuk para pelayan dan umat (No. 331). Patena, yang biasa diletakkan di atas piala, hendaknya dibuat serasi dengan pialanya, dari bahan yang sama dengan piala, yaitu dari emas atau setidak-tidaknya disepuh emas.

PALLA, berasal dari bahasa Latin “palla corporalis” yang berarti “kain untuk Tubuh Tuhan”, adalah kain lenan putih yang diperkeras, sehingga menjadi kaku seperti papan, bentuknya bujursangkar, dipergunakan untuk menutupi piala. Palla melambangkan batu makam yang digulingkan para prajurit Romawi untuk menutup pintu masuk ke makam Yesus.

KORPORALE, berasal dari bahasa Latin “corporale”, adalah sehelai kain lenan putih berbentuk bujursangkar dengan gambar salib kecil di tengahnya; seringkali pinggiran korporale dihiasi dengan renda. Korporale adalah yang terpenting dari antara kain-kain suci. Dalam perayaan Ekaristi, imam membentangkan korporale di atas altar sebagai alas untuk bejana-bejana suci roti dan anggur. Setelah selesai dipergunakan, korporale dilipat menjadi tiga memanjang, lalu dilipat menjadi tiga lagi dari samping dan ditempatkan di atas piala.

SIBORI, berasal dari bahasa Latin “cyborium” yang berarti “piala dari logam”, adalah bejana serupa piala, tetapi dengan tutup di atasnya. Sibori adalah wadah untuk roti-roti kecil yang akan dibagikan dalam Komuni kepada umat beriman. Sibori dibuat dari logam mulia, bagian dalamnya biasa dibuat dari emas atau disepuh emas.

TATA KATA LITURGIS

TATA KATA LITURGIS

Antara sabda dan kata-kata
Liturgi adalah suatu kegiatan doa bersama dari Gereja. Doa liturgis sebagai doa resmi Gereja adalah salah satu ungkapan yang paling khas, di mana iman Gereja dapat dinyatakan secara sungguh otentik (Edward Schillebeeckx). Dalam liturgi sebagai doa, Gereja menjalin komunikasi dengan Allah, dengan pengantaraan Kristus, Putera-Nya. Kristus adalah Sang Sabda yang menghubungkan umat dengan Allah, Sabda Allah sendiri yang menyapa manusia. Gereja mengimani Kristus, Sabda Allah yang menjadi manusia, dan mengungkapkan imannya itu dalam perayaan kudus yang dipimpin oleh Kristus sendiri. Kehadiran Kristus dalam perayaan liturgis dilambangkan dalam suatu pewartaan Sabda, pembacaan Kitab Suci. Dalam Misa, peristiwa Sabda yang menyapa umat itu diberi tempat secara khusus dalam Liturgi Sabda. Selain itu, tanda kehadiran Kristus dalam perayaan Ekaristi juga dinyatakan dalam pribadi imam selebran, roti dan anggur, dan umat yang berkumpul. Dalam tulisan-tulisannya mengenai liturgi sakramen Agustinus memaknai “sabda” dalam tiga arti: Yesus sendiri, Kitab Suci yang diwartakan, dan formula (rumusan doa) sakramental. Arti pertama dan kedua sudah disinggung. Arti ketiga juga penting, bahwa formula sakramental merupakan “sabda” yang menguduskan dan menyelamatkan. Maka, perayaan liturgis sendiri secara simbolis merupakan suatu “peristiwa sabda”, saat Allah berbicara. Namun, lebih daripada itu, Allah dan umat beriman pun saling berkomunikasi dan berdialog. Liturgi tak terjadi searah, melainkan selalu timbal balik. Sebagai peristiwa yang berdimensi ilahi-manusiawi perlulah liturgi itu diungkapkan secara nyata. Cara komunikasi manusiawi dimanfaatkan untuk memenuhi maksud simbolisnya. Allah sendiri telah menggunakan bahasa manusia agar diri-Nya dikenal dan dipahami manusia. Bahasa adalah medium komunikasi diri yang meliputi aneka pengertian: yang simbolis atau yang lugas, yang gestural (gerak, sikap tubuh) atau yang verbal (teks, doa, bacaan, dsb). Allah sendiri juga berbahasa simbolis melalui unsur-unsur yang diambil dari kehidupan manusia (orang, benda, kata, tindakan). Sementara umat tidak bisa tidak harus juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya atau memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya. Salah satunya adalah “kata-kata” atau ungkapan verbal yang dijadikan sarana komunikasi antara umat beriman dengan Allahnya. Ada dua cara pengungkapan “kata-kata”, yakni secara lisan dan tulisan. Jadi, di dalam Misa pun akan selalu kita temui peran “kata-kata” yang amat penting itu. Ada “kata-kata” yang dinyatakan secara lisan tanpa teks acuan yang tertulis, dan ada pula “kata-kata” yang dirumuskan dalam bentuk tulisan. Bagaimana “kata-kata” itu ditata dan berperan dalam Misa? Hal inilah yang akan kita simak satu per satu melalui uraian berikut ini.

Sabda dan kata-kata sebagai teks liturgis
Sabda (Word) adalah sesuatu yang abstrak. Ia baru ditangkap ketika tertuang dalam tulisan atau diungkapkan dalam kata-kata (words). Sabda Allah tertulis dalam Kitab Suci, maka Kitab Suci disbeut juga Sabda atau Firman Allah. Jika hanya dituliskan dan dibiarkan sebagai tulisan, tanpa dibaca atau diwartakan maka Sabda itu tidak berbicara, tidak bergema, tidak berdaya guna. Dalam perayaan liturgis, Sabda Allah itu dibuat berbicara, supaya berdaya guna bagi yang mendengarkannya, supaya juga ditanggapi oleh yang mendengarkannya. Ketika Kitab Suci dibacakan dalam liturgi maka Allah sendirilah yang sedang bersabda kepada umat-Nya (PUMR 29). Maka, “kata-kata” pun menjadi Sabda yang bisa didengar, dicerna, berguna bagi kehidupan dan keselamatan. Sabda seolah mengerdil dalam kata-kata atau tulisan, namun bisa kembali meraksasa jangkauannya bila tulisan dari Sabda itu diperlakukan semestinya: dihidupkan (lewat dibaca atau dibawakan) dalam liturgi! Dampak dari “tulisan” tentang Sabda bisa ke mana-mana, tak terduga. Tapi, bisa juga tak berdampak apa-apa bagi yang tuli telinga dan hatinya…. Seluk beluk tentang kata ini kemudian harus diamati dalam suatu bidang yang disebut “teks liturgis”. Teks liturgis adalah kata-kata yang digunakan dalam perayaan liturgi. Sabda dan kata-kata yang digunakan dalam liturgi dikelola di bidang itu, agar sungguh mampu berdaya guna bagi setiap peraya liturgi.

Teks dalam buku liturgis resmi
Sebagai kegiatan doa yang dilakukan secara bersama, liturgi memerlukan teks yang pasti dan berlaku untuk setiap peraya selama perayaan. Teks liturgis turut menjamin keberadaan dan keberlangsungan perayaan liturgi itu sendiri. Tidak ada liturgi tanpa teks liturgis. Sebagai doa resmi Gereja, maka teks liturgis pun juga harus resmi. Artinya, teks itu diterbitkan atau disahkan oleh Gereja, dalam hal ini oleh Takhta Suci Vatikan. Teks-teks yang sudah disahkan itu diwujudkan dalam suatu buku liturgis resmi (Latin: libri liturgici, Inggris: liturgical books). Ada perbedaan antara “buku liturgis” dengan “buku liturgi”. Yang satu dengan “s”, yang lainnya tanpa. Beda tipis dalam penulisan, namun makna dan fungsinya berlainan, meskipun keduanya komplementer, bisa saling melengkapi. Dapat dikatakan bahwa “buku liturgi” adalah buku, tulisan, atau bahasan tentang liturgi, termasuk wilayah keilmuan, “teologi kedua” (theologia secunda). Sedangkan “buku liturgis” adalah buku atau teks yang digunakan dalam praktik perayaan liturgi, bagian dari “teologi pertama” (theologia prima). Ada buku liturgis yang memiliki nilai simbolis khusus, yakni Evangeliarium sebagai simbol Kristus sendiri.

Buku liturgis untuk Misa: teks bacaan, teks doa
Sumber-sumber tekstual telah digunakan berabad-abad dalam perayaan liturgi. Kita coba bedakan dalam dua jenis utama: teks bacaan dan teks doa.
[1] Teks bacaan atau teks skriptural bersumber dari Kitab Suci resmi Gereja Katolik. Teks-teks itu dikelompokkan menjadi buku-buku liturgis yang dinamai Buku Bacaan Misa (Leksionarium), Kitab Injil (Evangeliarium), dan Mazmur Tanggapan (Responsorium, Graduale).
[2] Teks doa atau teks eukologis (Yunani: euche = doa, dan logos = ilmu) bersumber dari karya-karya para Bapa Gereja (Patristik) atau Magisterium Gereja. Teks-teks eukologis itu dikelompokkan dalam buku liturgis; di antaranya adalah Buku Doa-doa Misa (Sakramentarium), Tata Perayaan Ekaristi (Misale), dan buku untuk perayaan-perayaan khusus (Rituale dan Pontifikale). Ada juga beberapa penulis yang memasukkan bacaan Kitab Suci dan nyanyian biblis ke dalam eukologi. Eukologi termasuk dalam studi tentang teks-teks doa liturgis pada umumnya. Suatu studi tentang hukum-hukum yang mengatur formulasi dan isi doa-doa liturgis dalam buku-buku ritual. Misalnya: [a] prefasi, doa syukur agung, berkat meriah (mis. atas air untuk baptis), dan doa konsekrasi (mis. atas krisma, tahbisan); [b] doa-doa presidensial (mis. doa pembuka misa, doa persiapan persembahan, doa sesudah komuni, doa untuk jemaat, doa mazmur). Teks eukologis pada dasarnya adalah puitik, metaforik, atau penuh-imaji. Makna doa-doa itu tidak eksak, tapi lebih menawarkan percikan atau malah kiasan.

Jenis teks liturgis lainnya
Dua jenis utama yang telah disebut di atas (teks bacaan dan teks doa) dapat ditambahi lagi dengan beberapa jenis lain. Kita sebut saja satu per satu.
[1] Rubrik: teks pada buku liturgis yang menjelaskan tata laksana perayaan: siapa yang bertugas, apa yang harus disiapkan/digunakan, bagaimana melaksanakannya, dsb. Kata “rubrik” diturunkan dari kata Latin ruber, artinya merah. Dalam buku liturgis resmi biasanya teks itu dicetak dengan huruf merah (ruber), maka teks semacam itu disebut rubrik. Rubrik tidak perlu dibacakan selama perayaan, cukup diketahui oleh petugas atau umat yang harus berpartisipasi aktif.
[2] Ajakan: teks yang dibawakan oleh imam atau petugas lain ini biasanya mendahului doa atau tindakan yang meminta keterlibatan jemaat. Misalnya: “Marilah kita berdoa…; Berdoalah saudara-saudari…; Marilah kita saling menyampaikan…”; dsb. Sifatnya memang mengajak, maka perlu disampaikan dengan ramah dan bersimpati. Demi komunikasi yang hidup, sebaiknya teks semacam ini dibawakan secara spontan, sudah hafal, pandangan petugas tak perlu terpaku pada teks lagi. Jika dilakukan oleh Imam Selebran, ia membawakannya dengan gerak tangan membuka.
[3] Salam: teks ini biasanya dibawakan oleh Imam Selebran untuk menyapa jemaat dalam kapasitasnya sebagai pribadi Kristus dan pemimpin jemaat (in persona Christi dan in persona Ecclesiae). Dari TPE kita temukan contohnya: “Tuhan bersamamu; Tuhan sertamu.” Teks ini dibawakan dengan gerak tangan membuka, seperti ketika menyampaikan ajakan. Jemaat pun menanggapinya dengan rumusan khusus berupa jawaban atau seruam.
[4] Tanggapan: teks yang dibawakan oleh jemaat ini dapat dibedakan menjadi tanggapan yang berupa “jawaban” dan “seruan”. Teks jawaban untuk menanggapi salam dan ajakan Imam Selebran. Misalnya: “Dan bersama rohmu; Dan sertamu juga.” Sedangkan teks seruan (aklamasi) adalah untuk menegaskan/mengiyakan doa-doa dan berkat yang dibawakan oleh Imam Selebran. Contohnya: “Amin; Aklamasi Kudus; Aklamasi Anamnesis.”
[5] Renungan: jenis teks ini biasanya tidak langsung termuat dalam buku liturgis, namun ada kesempatan bagi imam atau petugas untuk membacakannya. Teks yang bersifat renungan ini bisa berupa amanat singkat, homili, atau bacaan rohani yang sesuai dengan misteri perayaannya.
[6] Nyanyian: teks nyanyian perlu juga disajikan secara khusus, entah dalam suatu kumpulan nyanyian-nyanyian (buklet) terlepas yang hanya digunakan untuk perayaan tertentu; atau yang dimasukkan dan menjadi bagian utuh dalam buku perayaan untuk kesempatan tertentu; atau yang disatukan dalam sebuah buku untuk berbagai keperluan (misalnya: Puji Syukur, Yubilate, Madah Bakti, dsb).
[7] Penjelasan: jika rubrik dirasa kurang memadai, kadang kala perlu juga disiapkan teks khusus yang isinya penjelasan bagi jemaat. Teks penjelasan itu dapat dibacakan untuk diketahui jemaat. Penjelasan itu bisa mengenai apa yang harus dilakukan jemaat pada bagian tertentu dalam perayaan, tentang suatu ritus/simbol yang mungkin belum dipahami jemaat. Atau apa pun, asal dimaksudkan untuk membantu jemaat agar bisa lebih menghayati perayaan yang mereka hadiri dan membantu memperlancar jalannya perayaan.

Teks liturgis: dibaca, dibacakan, dibawakan?
Bagaimana memperlakukan teks? Biasanya sudah ditunjukkan dalam rubrik. Ada teks yang oleh pemimpin/petugas dibaca sendiri dalam hati, dibacakan dengan suara lembut, atau dibacakan dengan suara lantang (PUMR 32-33). Jika diberi unsur musikal maka ada teks yang dibawakan dengan cara didaras atau dilagukan (PUMR 38). Ketika dibawakan oleh pelakunya, maka teks itu “mewujudkan diri” bagi pendengarnya. Teks itu menjadi hidup dan menciptakan komunikasi antara pembawa (pembaca!) teks dengan pendengarnya. Jika teks itu adalah suatu doa, maka jemaat yang mendengarkannya pun melibatkan diri dalam doa yang dibawakan si petugas, dan doa itu menjadi doa jemaat juga. Singkatnya, cara memperlakukan teks dapat dibagi menjadi dua:
[1] dibaca: dilakukan sendiri oleh pelakunya, entah sebelum atau dalam perayaan, dan
[2] dibawakan: dilakukan oleh pelakunya dalam perayaan dengan mengeluarkan suara. Ada dua cara bersuara: dengan lembut atau dengan lantang. Yang dengan lembut adalah doa-doa yang diucapkan oleh Imam Selebran, namun tak perlu diperdengarkan kepada jemaat. Jika bersuara dengan lantang, masih ada tiga macam cara lagi: dibacakan, didaraskan, atau dilagukan. Suara lantang dan ucapan yang jelas amat disarankan agar apa yang dibawakan itu mudah ditangkap oleh jemaat. Baca selengkapanya...

TATA GERAK IMAM DAN PELAYAN ALTAR

TATA GERAK IMAM DAN PELAYAN ALTAR

PUMR 274 :
Berlutut, yakni tata gerak yang dilakukan dengan menekuk lutut kanan sampai menyentuh lantai, merupakan tanda sembah sujud. Oleh karena itu, berlutut dikhususkan untuk menghormati Sakramen Mahakudus dan Salib Suci yang digunakan dalam Liturgi Jumat Agung sampai sebelum memasuki Misa Malam Paskah.

Dalam Misa, hanya tiga kali imam berlutut, yaitu pada saat konsekrasi sesudah memperlihatkan hosti dan sesudah menunjukkan piala, dan sebelum imam menyanbut Tubuh Kristus. Ketentuan-ketentuan khusus untuk Misa konselebrasi dipaparkan pada tempat yang bersangkutan (bdk.no.210-251).

Kalau di panti imam ada tabernakel dengan Sakramen Mahakudus di dalamnya, maka imam, diakon dan pelayan-pelayan lain selalu berlutut pada saat mereka tiba di depan altar dan pada saat akan meninggalkan panti imam. Tetapi dalam Misa sendiri mereka tidak perlu berlutut.

Di luar perayaan Ekaristi, setiap kali lewat di depan Sakramen Mahakudus, orang berlutut, kecuali kalau mereka sedang dalam perarakan.
 Para pelayan yang membawa salib perarakan atau lilin menundukkan kepala sebagai ganti berlutut.

PUMR 275
275. Di samping berlutut, ada juga tata gerak membungkuk dan menundukkan kepala. Keduanya merupakan tanda penghormatan kepada orang atau barang yang merupakan representasi pribadi tertentu.
a. Menundukkan kepala dilakukan waktu mengucapkan nama Tritunggal Mahakudus, nama Yesus, nama Santa Perawan Maria, dan nama santo / santa yang diperingati dalam Misa yang bersangkutan.
b. Membungkukkan badan atau membungkuk khidmat dilakukan waktu
(1) menghormati altar;
(2) sebelum memaklumkan Injil, waktu mengucapkan doa "sucikanlah hati dan budiku, ya Allah yang mahakuasa"
(3) dalam syahadat, waktu mengucapkan kata-kata "Ia dikandung dari Roh Kudus dan Ia menjadi manusia";
(4) dalam persiapan persembahan, waktu mengucapkan doa "Dengan rendah hati dan tulus";
(5) dalam Kanon Romawi pada kata-kata "Allah yang mahakuasa, utuslah malaikat-Mu"
Membungkuk juga dilakukan oleh diakon waktu minta berkat kepada imam sebelum mewartakan Injil. Kecuali itu, imam juga membungkuk sedikit waktu mengucapkan kata-kata Tuhan pada saat konsekrasi: "Terimalah ". Baca selengkapnya.....

TATA GERAK DALAM LITURGI

TATA GERAK DAN SIKAP TUBUH

Prostratio

Sebagai perayaan manusiawi, Perayaan Ekaristi juga memerlukan ekspresi diri manusiawi. Maka, tata gerak atau sikap tubuh seluruh jemaat dan para pelayannya juga menjadi bagian penting dalam simbolisasi kebersamaan dan kesatuan Gereja yang sedang berdoa.

Untuk Apa?

Tata gerak dan sikap tubuh imam, diakon, para pelayan, dan jemaat tentu punya maksud. Sikap tubuh yang seragam menandakan kesatuan seluruh jemaat yang berhimpun untuk merayakan Liturgi suci. Sebab sikap tubuh yang sama mencerminkan dan membangun sikap batin yang sama pula. Maka, jika dilakukan dengan baik:
(1) seluruh perayaan memancarkan keindahan dan sekaligus kesederhanaan yang anggun;
(2) makna aneka bagian perayaan dipahami secara tepat dan penuh; dan
(3) partisipasi seluruh jemaat ditingkatkan (PUMR 42).

Bolehkah Mengubah?

Sebenarnya tidak secara mutlak dilarang untuk mengubah tata gerak dan sikap tubuh. Tapi, pesan PUMR 42 sebaiknya diperhatikan dengan baik: “... ketentuan hukum liturgi dan tradisi Ritus Romawi serta kesejahteraan rohani umat Allah harus lebih diutamakan daripada selera pribadi dan pilihan yang serampangan.” Jadi, wewenang itu bukan diserahkan kepada “selera pribadi”, seenak pelayan atau jemaat dan tanpa pemikiran-pertimbangan yang cukup matang. Untuk itu, adanya penyerasian dengan keadaan jemaat perlu diputuskan oleh Konferensi Uskup, dengan sepengetahuan Takhta Apostolik, Roma (PUMR 390). Hal itu sudah gamblang disebut dalam PUMR 43 juga: “... sesuai dengan ketentuan hukum, Konferensi Uskup boleh menyerasikan tata gerak dan sikap tubuh dalam Tata Perayaan Ekaristi dengan ciri khas dan tradisi sehat bangsa setempat. Namun, hendaknya Konferensi Uskup menjamin bahwa penyerasian itu selaras dengan makna dan ciri khas bagian perayaan Ekaristi yang bersangkutan.” Baca selengkapnya.....

SEJARAH ASAL MULA ADVEN

Masa Liturgi Adven menandai masa persiapan rohani umat beriman sebelum Natal. Adven dimulai pada hari Minggu terdekat sebelum Pesta St. Andreas Rasul (30 November). Masa Adven berlangsung selama empat hari Minggu dan empat minggu persiapan, meskipun minggu terakhir Adven pada umumnya terpotong dengan tibanya Hari Natal.

Masa Adven mengalami perkembangan dalam kehidupan rohani Gereja. Sejarah asal-mula Adven sulit ditentukan dengan tepat. Dalam bentuk awalnya, yang bermula dari Perancis, Masa Adven merupakan masa persiapan menyambut Hari Raya Epifani, hari di mana para calon dibaptis menjadi warga Gereja; jadi persiapan Adven amat mirip dengan Prapaskah dengan penekanan pada doa dan puasa yang berlangsung selama tiga minggu dan kemudian diperpanjang menjadi 40 hari. Pada tahun 380, Konsili lokal Saragossa, Spanyol menetapkan tiga minggu masa puasa sebelum Epifani. Diilhami oleh peraturan Prapaskah, Konsili lokal Macon, Perancis, pada tahun 581 menetapkan bahwa mulai tanggal 11 November (pesta St. Martinus dari Tours) hingga Hari Natal, umat beriman berpuasa pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Lama-kelamaan, praktek serupa menyebar ke Inggris. Di Roma, masa persiapan Adven belum ada hingga abad keenam, dan dipandang sebagai masa persiapan menyambut Natal dengan ikatan pantang puasa yang lebih ringan. Baca selengkapnya....

MAKNA KEKAYAAN TATA GERAK DAN SIKAP TUBUH DALAM LITURGI EKARISTI


Tata gerak atau sikap tubuh seluruh umat dan para pelayannya juga menjadi bagian terpenting dalam simbolisasi kebersamaan dan kesatuan Gereja yang sedang berdoa. Tata gerak dan sikap tubuh imam, diakon, para pelayan, dan jemaat tentu punya maksud. Sikap tubuh yang seragam menandakan kesatuan seluruh jemaat yang berhimpun untuk merayakan Liturgi Suci. Sebab sikap tubuh yang sama mencerminkan dan membangun sikap batin yang sama pula. Maka, jika dilakukan dengan baik:
(1) seluruh perayaan memancarkan keindahan dan sekaligus kesederhanaan yang anggun;
(2) makna aneka bagian perayaan dipahami secara tepat dan penuh; dan
(3) partisipasi seluruh jemaat ditingkatkan (PUMR 42).

“Berkumpul” dan maknanya
Berkat pembaptisan kita dijadikan satu keluarga dalam Gereja yang kudus. Orang kristiani adalah pribadi yang komuniter, selalu terpaut dalam kebersamaan. Kita tidak sendirian. Dalam nama Bapa dan Putra, kita juga dipersatukan oleh Roh Kudus. Itu tampak ketika kita berkumpul, khususnya dalam “tempat kudus”. Kita berkumpul sebagai orang-orang pilihan, yang terpanggil, yang dicintai Allah. Liturgi mengundang kita untuk menemukan kembali panggilan kita, yakni tumbuh dalam kesatuan, menjadi umat Allah, berkarya dengan dan bagi saudara-saudari dalam perayaan yang dinamis. Maka, berkumpul adalah bagian dari tata gerak kolektif. Agar pertemuan itu tidak kacau, tidak anarkis, tetap utuh, maka diperlukanlah keyakinan dan sikap yang sama. Di sinilah letak pentingnya suatu pedoman atau aturan bersama. Baca selengkapnya.....

ADAT ISTIADAT BALI

PERNIKAHAN ADAT BALI

Pernikahan adat bali sangat diwarnai dengan pengagungan kepada Tuhan sang pencipta, semua tahapan pernikahan dilakukan di rumah mempelai pria, karena masyarakat Bali memberlakukan sistem patriarki, sehingga dalam pelaksanan upacara perkawinan semua biaya yang dikeluarkan untuk hajatan tersebut menjadi tanggung jawab pihak keluarga laki – laki. hal ini berbeda dengan adat pernikahan jawa yang semua proses pernikahannya dilakukan di rumah mempelai wanita. Pengantin wanita akan diantarkan kembali pulang ke rumahnya untuk meminta izin kepada orang tua agar bisa tinggal bersama suami beberapa hari setelah upacara pernikahan.

Rangkaian tahapan pernikahan adat Bali adalah sebagai berikut:

Upacara Ngekeb


Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan calon pengantin wanita dari kehidupan remaja menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga memohon doa restu kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bersedia menurunkan kebahagiaan kepada pasangan ini serta nantinya mereka diberikan anugerah berupa keturunan yang baik.
Setelah itu pada sore harinya, seluruh tubuh calon pengantin wanita diberi luluran yang terbuat dari daun merak, kunyit, bunga kenanga, dan beras yang telah dihaluskan. Dipekarangan rumah juga disediakan wadah berisi air bunga untuk keperluan mandi calon pengantin. Selain itu air merang pun tersedia untuk keramas.

ADAT ISTIADAT PALEMBANG

PERNIKAHAN ADAT PALEMBANG

Adalah sebagian kecil yang bisa ditemukan dalam rangkaian prosesi pernikahan Adat Palembang. Menjadi fakta yang sangat menarik kala modernisasi dan era minimalis sudah merasuki hampir semua segi kehidupan, termasuk prosesi pernikahan, masih ada sebagian orang yang tetap teguh mempertahankan tradisi dan budaya. Ini juga sebagai bukti bahwa keagungan adat istiadat tak lekang termakan zaman, serta tidak mengenal status sosial individu.

1. PENYELIDIKAN TERHADAP SANG GADIS

Calon mempelai perempuan masih harus "diselidiki" oleh utusan pihak keluarga calon laki-laki. Arti kata "selidik" bukan melambangkan kecurigaan, melainkan pendekatan yang dilakukan oleh keluarga calon mempelai laki-laki dan memastikan bahwa calon mempelai perempuan belum ada yang meminang. Prosesi ini dikenal dengan nama Madik, berasal dari bahasa Jawa Kawi yang berarti mendekat atau pendekatan. Baca selengkapnya...

ADAT ISTIADAT YOGYAKARTA

ADAT ISTIADAT PERNIKAHAN YOGYAKARTA

Kekayaan budaya di tanah Jawa dapat disimak lewat upacara pernikahan adatnya yang unik dan penuh makna. Aneka ragam tradisi dan bentuk-bentuk perkawinan yang menjadi bagian dari adat masing-masing wilayah, termasuk wilayah Yogyakarta. Bagian dari Yogyakarta yaitu Kotagede pernah menjadi pusat kesultanan Mataram antara tahun 1575-1640. Tak heran jika gaya busana dan prosesi pernikahan Yogyakarta merupakan warisan leluhur yaitu kerajaan Mataram.

Warisan budaya yang unik dan sarat makna ini juga melibatkan seluruh keluarga besar calon mempelai dalam setiap ritual prosesi pernikahan. Hal ini mengingat pernikahan tidak sekadar menyatukan dua insan manusia, tapi juga menyatukan dua keluarga besar. Berikut kami tampilkan tata urutan beserta komponen-komponen adat pernikahan gaya Jawa Yogyakarta yang lazim dilaksanakan oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

NONTONI

Tata cara ini dilakukan untuk mengetahui bibit, bebet dan bobot atau untuk mengetahui asal-usul dan latar belakang calon mempelai. Namun di masa sekarang, kebanyakan calon pengantin sudah saling mengenal pasangannya sendiri tanpa dijodohkan oleh orang tua. Baca selengkapnya.....

ADAT ISTIADAT SOLO

PERNIKAHAN ADAT ISTIADAT SOLO

Prosesi Pernikahan Adat Solo adalah sebagai berikut:

I. PELAKSANAAN PRA NIKAH ADAT SOLO

Nontoni

Bagian pertama dari rangkaian prosesi pernikahan solo adalah Nontoni. Proses nontoni ini dilakukan oleh pihak keluarga pria. Tujuan dari nontoni adalah untuk mengetahui status gadis yang akan dijodohkan dengan anaknya, apakah masih legan (sendiri) atau telah memiliki pilihan sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar jangan sampai terjadi benturan dengan pihak lain yang juga menghendaki si gadis menjadi menantunya. Bila dalam nontoni terdapat kecocokan dan juga mendapat ‘lampu hijau’ dari pihak gadis, tahap berikutnya akan dilaksanakan panembung.

Panembung

Panembung dapat diartikan sebagai melamar. Dalam melamar seorang gadis yang akan dijadikan jodoh, biasanya dilakukan sendiri oleh pihak pria disertai keluarga seperlunya. Tetapi bagian ini bisa juga diwakilkan kepada sesepuh atau orang yang dipercaya disertai beberapa orang teman sebagai saksi. Setelah pihak pria menyampaikan maksud kedatangannya, orangtua gadis tidak langsung menjawab boleh atau tidak putrinya diperistri. Untuk menjaga tata trapsila, jawaban yang disampaikan kepada keluarga laki-laki akan ditanyakan dahulu kepada sang putrid. Untuk itu pihak pria dimohon bersabar. Jawaban ini tentu saja dimaksudkan agat tidak mendahului kehendak yang akan menjalankan, yaitu sang gadis, juga agar taj menurunkan wibawa pihak keluarganya. Biasanya mereka akan meminta waktu untuk memberikan jawaban sekitar sepasar atau 5 hari.

ADAT ISTIADAT MINANG

ADAT ISTIADAT PERKAWINAN MINANG

Tradisi perhelatan pernikahan menurut adat Minangkabau yang lazimnya melalui sejumlah prosesi, hingga kini masih dijunjung tinggi untuk dilaksanakan, yang melibatkan keluarga besar kedua calon mempelai, terutama dari keluarga pihak wanita.

Tata cara perkawinan di Sumatra Barat sangat beragam antar luhak adat yang satu dengan luhak adat lainnya. Bahkan antara nagari yang sama dalam satu luhak adat pun berbeda tata caranya. Namun, seiring dengan waktu, terutama bagi warga Minang di rantau, urang-urang awak sekarang sudah mau menerima tata cara dari nagari dan luhak adat Minang lainnya, yang dianggap cukup baik dan menarik untuk dilaksanakan. Misalnya untuk hiasan kepala pengantin wanita yang disebut suntiang balenggek. Awalnya hanya digunakan oleh orang-orang di daerah Padang-Pariaman. 
 Tetapi kini juga dipakai oleh semua anak daro urang Minang. Demikian juga dengan malam bainai dan tata cara menginjak kain putih, yang juga awalnya hanya digunakan di beberapa daerah tertentu di Sumatra Barat. Bagaimana tradisi dan upacara pernikahan adat Minang yang lazim dilakukan oleh masyarakat Minang. Baca selengkapnya....

ADAT ISTIADAT BETAWI

PERNIKAHAN ADAT ISTIADAT BETAWI

Tahapan dalam Rangkaian Upacara Pernikahan Adat Betawi

1. Ngedelengin

Untuk sampai ke jenjang pernikahan, sepasang muda-mudi betawi (sekarang) biasanya melalui tingkat pacaran yang disebut berukan. Masa ini dapat diketahui oleh orangtua kedua belah pihak, tetapi tidak asing kalau orangtua kedua belah pihak tidak mengetahui anaknya sedang pacaran.

Sistem pernikahan pada masyarakat Betawi pada dasarnya mengikuti hukum Islam, kepada siapa mereka boleh atau dilarang mengadakan hubungan perkawinan. Dalam mencari jodoh, baik pemuda maupun pemudi betawi bebas memilih teman hidup mereka sendiri. Karena kesempatan untuk bertemu dengan calon kawan hidup itu tidak terbatas dalam desanya, maka banyak perkawinan pemuda pemudi desa Betawi. Baca selengkapnya....

KEMERIAHAN ADAT BETAWI

Masyarakat Betawi memiliki sejarah panjang sebagaimana terbentuknya kota Jakarta sebagai tempat domisili asalnya. Sebagai sebuah kota dagang yang ramai, Sunda Kelapa (nama Jakarta tempo dulu) disinggahi oleh berbagai suku bangsa. Penggalan budaya Arab, India, Cina, Sunda, Jawa, Eropa, dan Melayu seakan berbaur menjadi bagian dari karakteristik kebudayaan Betawi masa kini. Tradisi budaya Betawi laksana campursari dari beragam budaya dan elemen etnik masa silam yang secara utuh menjadi budaya Betawi kini. Kemeriahan budaya Betawi juga terwakili melalui tata cara pernikahan Betawi.

Pada tata cara pernikahan Betawi, ada banyak serangkaian prosesi. Berikut kami paparkan rangkaian upacara pernikahan gaya Betawi yang masih dilakoni oleh sebagian besar masyarakat Betawi. Baca selengkapnya....

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More