Kamis, 08 Maret 2012

TATA CARA PENGGUNAAN DUPA DALAM MISA

Bilamanakah Imam Mempergunakan Dupa dalam Misa?

oleh: Romo William P. Saunders *

Mengapakah dan bilamanakah imam mempergunakan dupa dalam Misa?
~ seorang pembaca di Crystal City


Dupa adalah suatu bahan aromatik yang adalah getah dari pepohonan tertentu. Apabila dibakar di atas arang, dupa menghasilkan aroma yang harum. Guna menghasilkan asap yang lebih tebal dan guna menambah harumnya, terkadang wangi-wangian lain dicampurkan ke dalam dupa.

Penggunaan dupa (= ukupan) di masa lampau merupakan hal yang biasa, teristimewa dalam ritus-ritus keagamaan di mana dupa dipercayai dapat menghalau roh-roh jahat. Herodotus, sejarahwan Yunani, mencatat bahwa dupa umum dipergunakan di kalangan masyarakat Assyria, Babilonia dan Mesir. Di kalangan Yahudi, dupa termasuk dalam persembahan syukur minyak, biji-bijian, buah-buahan dan anggur (bdk Bil 7:13-17). Tuhan memerintahkan Musa untuk membangun sebuah mezbah emas tempat pembakaran ukupan (bdk Kel 30:1-10), yang ditempatkan di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian yang di atas loh hukum.

Kita tidak tahu kapan tepatnya penggunakan dupa dimasukkan ke dalam Misa atau ke dalam ritus-ritus liturgis lainnya. Pada masa Gereja perdana, kaum Yahudi terus mempergunakan dupa dalam ritual Bait Suci mereka, jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa dari sanalah umat Kristiani menerapkan penggunaan dupa dalam ritual mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More