Kamis, 05 April 2012

MAKNA KAMIS PUTIH


Kamis Putih atau dalam bahasa lain disebut juga dengan istilah "Maundy Thursday" atau "Holy Thursdaymerupakan salah satu hari terpenting dalam kalender liturgi gereja Katholik sebagai salah satu bagian dari Tri Hari Suci atau Hari Raya Pekan Suci yang terdiri dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah. 
Hari Kamis Putih merupakan tradisi yang dirayakan oleh umat gereja Kristen dan Katholik diseluruh dunia untuk memperingati Perjamuan Malam terakhir Tuhan Yesus bersama para murid-Nya sebelum Ia diserahkan untuk disalibkan. Pada Perjamuan Malam terakhir tersebut Tuhan Yesus juga melakukan pembasuhan kaki para rasul yang berjumlah 12 orang.
Gereja Katholik dalam memperingati hari Kamis Putih melaksanakan tradisi perayaan ekaristi yang mana dalam salah satu bagian dari liturgi ekaristi tersebut Pastur/Romo melaksanakan ritual pembasuhan kaki umat sebagai bentuk keteladanan kerendahan hati dan semangat melayani.
Pembasuhan kaki yang Tuhan Yesus lakukan menjadi teladan dan simbol bagi umat manusia agar selalu rendah hati serta selalu mempunyai semangat untuk menjadi hamba yang mau melayani bagi orang lain sehina apapun mereka karena Tuhan Yesus sendiri sampai rela menderita dan wafat di kayu salib untuk menebus dosa kita. 
Itulah sebetulnya makna yang dapat kita petik dari peringatan Hari Kamis Putih yang kita rayakan dan yang dapat skita pahami, semoga kita sebagai pengikut Kristus mampu meneladani dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dalam peziarahan hidup kita. Amin. 
Berkah Dalem......

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More