Jumat, 27 Juli 2012

SANTA BRIGITA

 
Santa Brigita
Birgitta sering disebut juga ‘ratu Swedia’. Namun sebenarnya ia tidak pernah menjadi ratu, melainkan seorang pengiring ratu.sejak kecil, Birgitta rajin mengikuti misa dengan penuh perhatian mendengarkan khotbah, lebih-lebih bila pastor berkhotbah tentang sengsara dan kematian Tuhan Yesus. Seakan-akan ia mendengarkan sabda Yesus : “Aku menderita dan mati untuk orang-orang yang tidak mencintai Aku.” Birgitta menikah dengan seorang bangsawan dan dikaruniai delapan anak. Di antara mereka, Katarina dihormati pula sebagai santa karena mengikuti jejak ibunya. Puteri inilah yang menyelesaikan karya ibunya dan berhasil mendapatkan pengesahan pais atas berdirinya Ordo Birgitta.

Sewaktu menjadi pengiring ratu, Birgitta berusaha keras agar Raja Magnus II dan permaisurinya hidup lebih baik. Sesudah suaminya meninggal (1344), Birgitta mengundurkan diri, berdoa dan memperoleh banyak penglihatan seperti tercatat dalam bukunya tentang penderitaan Yesus dan kejadian-kejadian yang akan dating. Ia mulai mencurahkan perhatian untuk mendirikan suatuordo demiu menghormati Sang Penebus. Raja menghadiahkan perkebunan Vadstena, yang dijadikan pusat kehidupan rohani di Swedia. Kekhususan Ordo Sang Penebus (Birgittin) ialah bahwa dalam satu biara terdapat banyak suster, beberapa imam dan bruder, yang hidup dalam rumah yang terpisah-pisah tetapi memuji Tuhan secara bersama-sama dalam satu gereja. Urusan biara dipimpin oleh abbas perempuan, sedangkan kehidupan rohani menjadi tanggung jawab seorang imam biarawan.

Untuk memajukan ordonya Birgitta pindah ke Roma. Di kota itu ia bertapa keras dan hidup saleh, memperhatikan orang miskin dan penderita sakit serta memberikan nasehat kepada Paus mengenai masalah-masalah politis. Ia meninggal di Roma sekembali dari ziarah ke Tanah Suci.

Birgitta atu Brigita (1303-1373), pendiri ordo biarawan-biarawati. Santa Birgitta dilambangkan dengan seorang suster yang membawa hosti kudus dalam tangannya dan di atas hosti terdapat salib merah. Santa Birgitta dihormati gereja Katolik di seluruh dunia setiap tanggal 23 Juli.

1 komentar:

wow info yang keren kak. kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja. terimakasih..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More